12 Sep 2011

Puisi Sotoy dari Keponakan


"Sotoy itu apa Om?"

"Sotoy itu sok tahu"

"Sok tahu itu apa, Om?

"Sok tahu itu kayak kamu ini. .!!"

"berati Dimas ini adalah Sotoy, ya Om?

"Yups..!!", kataku menjawab singkat sambil melotot biar tidak berkepanjangan. Secepat kilat aku berlalu darinya. Kulihat, Dimas dari lubang kunci pintu sedang mencoret-coret tulisan ditembok kamar. Ku baca tulisannya bermakna mendalam bila dihadirkan dalam ruang dimensi kedewasaan. Kira-kira kalau digubah bait-bait puisi yang ditulisnya menjadi uraian sebagai berikut:

Aku adalah Sotoy..

Omku juga sotoy..

Kamu juga sotoy..

Temanku juga sotoy..

Guruku teramat Sotoy

Bapak-ibuku apalagi..Sotoy-toy!!

Mereka semua sotoy..

Aku, Kamu, Omku, temanku, guruku, bapak-ibu, mereka, semuanya sama-sama sotoy!!

Semua pada bilang sotoy...

Sotoy katanya sok tahu..

Tapi sok tahu itu apa? semua malas menjelaskan..

Mereka semua bilang angka 1 adalah satu

Tapi mereka malas menjelaskan 1 terbuat dari apa? Kenapa dikatakan satu? Kenapa Menjadi satu? Kenapa harus satu? Kenapa semua sepakat itu satu?

Dan seterusnya dan seterusnya... yang bisa bikin ketahuan ke-sotoy-anmu...!

Aku memang sotoy makanya aku bertanya...

Kalian tidak pernah bertanya maka kalian adalah benar-benar sotoy..

Tahukah kamu sotoy itu apa?

Sotoy adalah: ....Aku adalah aku...Kamu adalah kamu...Mereka adalah mereka!!! Aku adalah kamu...Kamu adalah mereka...Mereka adalah aku..? Aku Bukanlah Aku..Kamu bukanlah kamu...Mereka bukanlah mereka!!! Aku bukanlah kamu...Kamu bukanlah mereka..Mereka bukanlah aku..?

Ternyata sotoy itu membingungkan,bukan? Dan memusingkan, bukan?

Maka begitu pula dengan satu..

Silahkan anda jelaskan sendiri satu itu apa.........?

Salam Santri Kenthir

Baca Tulisan Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Salam Santri Kenthir.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More